Bagaimana Mengelola Perpustakaan Desa ?

Hadirnya sebuah perpustakaan di desa diharapkan mampu meningkatkan minat dan kemampuan baca masyarakat desa. Selain itu, perpustakaan desa didirikan sebagai sarana umum yang digunakan untuk menyelenggarakan aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan pembangunan desa. Dalam hal ini, keberadaaan perpustakaan desa menjadi sangat penting peranannya dalam menopang keberlangsungan sistem pendidikan yang ada (UU No 43 tahun 2007).

Namun, dalam pelaksanaannya, peranan perpustakaan desa masih belum optimal. Kendala utama yang mungkin dihadapi oleh pengelola perpustakaan desa adalah belum adanya pedoman khusus yang dapat digunakan sebagai acuan pengelolaan perpustakaan desa. Oleh karena itu, buku Menuju Sukses Tata Kelola Perpustakaan Desa hadir sebagai pedoman pengelolaan perpustakaan desa. Buku yang terbit pada awal Maret 2018 ini ditulis oleh R. Tri Haryono, S.H, M.M. Beliau merupakan lulusan Magister Manajemen di Universitas Janabadra Yogyakarta. Beliau juga pernah menempuh studi sarjana S-1 di Jurusan Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Buku Menuju Sukses Tata Kelola Perpustakaan Desa ditulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis dalam mengelola perpustakaan desa, terutama ilmu manajemen yang diperoleh penulis selama studi S-2 di bidang Manajemen. Selain itu, buku ini juga ditulis berdasarkan sumber bahan pustaka yang relevan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku, khususnya yang berhubungan dengan pengelolaan perpustakaan desa.

Meskipun buku Menuju Sukses Tata Kelola Perpustakaan Desa hanya berisikan 180 halaman dengan dimensi buku 14,5 x 20,5 cm, konten buku ini dapat dikatakan sangat lengkap. Konten utama yang dapat ditemukan di dalam buku ini di antaranya adalah tata kelola perpustakaan desa, koleksi perpustakaan desa, promosi perpustakaan desa, wisata edukatif perpustakaan desa, dan pembinaan perpustakaan desa. Buku ini diharapkan mampu membantu para pengelola perpustakaan desa dalam meningkatkan peranan perpustakaan desa menjadi lebih optimal.

Sebagai pengelola perpustakaan desa, Anda dapat mendapatkan buku Menuju Sukses Tata Kelola Perpustakaan Desa di toko buku terdekat. Dengan memiliki buku ini, Anda akan mendapatkan gambaran mengenai perpustakaan desa yang ideal berikut dengan strategi mempromosikan perpustakaan desa agar memiliki banyak pengunjung. Jadi, tunggu apa lagi ? Milikilah segera buku Menuju Sukses Tata Kelola Perpustakaan Desa ini !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *