PENYAKIT TIPES, TYPUS, TIFUS, TANDA GEJALA SERTA PENGOBATANNYA

APA ITU PENYAKIT TIPES ATAU TYPUS…?
 
Penyakit typus atau yang lebih sering orang menyebutnya dengan penyakit tipes, merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh terjangkitnya virus salmonella typhi. Virus ini sendiri terdapat pada makanan atau minuman, yang sebelumnya terjangkit bakteri ini baik melalui kontak langsung atau dari udara. Bagi mereka yang terkena penyakit ini, saya himbau untuk menjaga kebersihan tubuh lebih baik. Misalnya ketika BAB, si penderita baiknya mencuci tangan hingga bersih, apabila tidak ingin orang yang di ajak kontak langsung terkena virus yang sama.
PENYEBAB PENYAKIT TIPES ATAU TYPUS adalah virus salmonella typhi.
TANDA GEJALA PENYAKIT TYPUS ATAU TIPES
 
Mengenali tanda gejala awal dari penyakit ini dengan cepat, maka penanggulangannya pun akan semakin mudah. Berikut ini merupakan tanda gejala awal dari penyakit ini :
  • Demam, sebagian penderita akan mengalami demam hingga 5 – 6 hari dengan tingkat kepanasan mencapai 40 derajat celcius dan jika kurang bisa jadi bukan gejala dari penyakit typus atau tipes ini.
  • Sakit perut, sakit yang biasa terjadi pada penderita ini akan dirasakan hanya pada sebelah kiri saja. Hal tersebut terjadi karena pada bagian tersebut terdapat usus 12 jari. Selain sakit perut, si penderita juga akan mengalami mual dan muntah.
  • Pola BAB yang berubah, pada penderita typus atau tipes ini penderita ada yang menjadi diare dan ada yang sama sekali tidak bisa BAB.
  • Perubahan denyut nadi, pada umumnya atau seharusnya jika pada orang yang demam atau panas tinggi biasanya akan memicu denyut jantung yang bertambah hingga 10% setiap kenaikan suhu 1 derajat celcius. Namun berbeda dengan penderita tipes atau typus ini, denyut nadi mereka akan melemah. Hal ini terjadi karena terjangkitnya virus yang menyebarkan racun atau toksin dalam tubuh.
  • Perubahan warna lidah, pada bagian dalam lidah akan berwarna putih dan pada sisi luarnya akan berwarna merah, dan apabila dikeluarkan akan menyebabkan lidah bergetar atau tremor.
  • Nyeri otot, sebagian orang biasanya akan merasakan nyeri pada sekujur otot mereka.

 

TIPS UNTUK PENCEGAHAN PENYAKIT TYPUS ATAU TIPES
 
Karena penyakit tipes atau typus ini menular, jadi sebaiknya anda harus waspada terhadap kebersihan diri anda. Jika anda adalah seorang yang memiliki tingkat kebersihan yang rendah, bisa saja anda akan terkena atau terjangkit penyakit ini. Berikut merupakan langkah antisipasi atau pencegahan untuk penyakit tipes atau typus ini :
  • Coba untuk tidak jajan sembarangan di luar sana, hindari makanan yang di jual di samping jalan, serta jika anda mengkonsumsi telur ada baiknya olah dulu hingga benar – benar matang.
  • Jika lingkungan sekitar anda banyak yang menderita penyakit ini, ada baiknya anda melakukan imunisasi atau faksin tipes atau typus untuk terhindar dari penyakit ini.
  • Istirahat yang cukup 7 – 8 jam sehari
  • Olahraga yang baik dan teratur, olahraga cukup 15 hingga 30 menit saja. Lari kecil atau sekedar jalan bisa membantu menjaga kesehatan anda.
  • Jika anda merupakan penderita ada baiknya kurangi aktivitas yang melelahkan, karena hal ini bisa memicu terjadinya penyakit ini kembali.
  • Selalu mencuci tangan ketika akan melakukan aktivitas dan setelah melakukan aktivitas.
sumber: http://penyakit-mu.blogspot.com/2013/10/penyakit-tipes-typus-tifus-tanda-gejala.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>