Tips dan Trik Sidang/ Ujian Pendadaran

1. berdoa kepada Tuhan agar ujian pendadaran berjalan lancar dan bisa menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh dosen penguji.

2. sebelum anda maju ujian Siapkan mental anda ,.. kuasai dan pahami semua materi yang berhubungan dengan naskah skripsi Anda.

3. Buatlah slide notes (poin yang akan dibicarakan) untuk tiap-tiap slide. Buat seringkas dan sepadat mungkin. Slide akan lebih berkesan apabila Anda banyak menampilkan gambar atau bagan dan Anda fasih menerangkannya dengan bahasa Anda. Jangan copy paste naskah makalah langsung ke slide Anda, karena slide bukan untuk menampilkan naskah, tapi intisari naskah Anda.

4. Siapkan juga beberapa kemungkinan pertanyaan dan jawaban yang mungkin muncul dari materi tugas akhir/ skripsi Anda.

5. Siapkan demo Anda sebaik mungkin, kalau perlu gladi resik sebelum pendadaran,..hal ini untuk mencegah kerusakan program saat di demokan di depan penguji,..

6. Pastikan Anda mempresentasikan tugas akhir/ skripsi Anda dengan tegas, perlahan-lahan tapi jelas. Hindari kata-kata yang mengandung “asumsi” dan “keragu-raguan”, seperti kata : “mungkin”, “barangkali”, dan sebagainya. Gantilah dengan kata-kata : “sejauh pemahaman saya”, “sejauh yang saya ketahui”. Kata-kata yang menimbulkan penafsiran “keragu-raguan” adalah peluang emas bagi dosen penguji untuk memberikan pertanyaan yang mematikan.

7. Berusahalah tampil dengan mimik wajah seramah mungkin.pada saat dosen penguji masuk berikan salam pada dosen penguji anda,..dan selalu tersenyum,…

8. Perhatikan dengan benar pertanyaan dan pernyataan dari penguji Anda.

Jawab seperlunya saja dan katakan “tidak tahu” apabila Anda benar-benar tidak tahu jawaban dari pertanyaan yang dirasa sangat sulit. Lebih baik menjawab jujur daripada berpura-pura bohong untuk menutupi kebodohan. Pengalaman saya, bila kita berpura-pura tahu, padahal tidak tahu, dosen akan menyadarinya dan akan memberi pertanyaan susulan yang akan menyulitkan kita. Semoga ini bermanfaat bagi kawan2x yang akan menghadapi ujian pendadaran,.. Yakinkan lah dan bersikap optimis lah,…bahwa anda bisa menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh dosen penguji,…dan bersikap tenang lah dalam menghadapi ujian,..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>