LOOK AT ME

Karya Rizka Nurin H
Sahabat ?? Everything kali ya…. Tapi kalau sahabat kita lawan jenis?? Bukan nggak mungkin terjebak dalam lingkaran “Sahabat Jadi Cinta”. Yaah, mungkin itu yang aku alamin sekarang. Nggak tau siiih, kenyataannya gimana. Tapi, aku bener-bener nyaman waktu deket dia. But, ini bedaaa, rasa nyaman itu, seakan aku nggak mau nglepasin dia. Nggak suka dia deket sama cewek lain, meskipun kadang aku emang terlalu bodoh, malah nyomblangin dia sama cewek yang dia sukai. Mungkin, aku harus megang prinsip cinta tak harus memiliki. Kalau dia bahagia, aku juga bahagia kok.

Pagi ini, mentari bersinar cerah. Tapi nggak dengan aku, pagi ini aku kesiangan. Gara-gara liat film sampai larut malem, abiiiis filmnya so sweet bangeeet. Mataku sampek sembab ngliatnya.
“Sasa, udah selesai belum mandinya, udah ditungguin Adit tuh,” teriak mama.
“Iya maaaah, bentar, Adit suruh masuk aja maaah,” sahutku.

Look At Me
Selang beberapa menit, Adit langsung masuk ke kamarku…
“Cepetan nooon, udah siang niiih !!! Gue belai-belain bawa motor biar kita nggak telat tuh. Loe tuh ya, kalau mau liat film sampek malem, seharusnya loe setel tuh alarm. Apa perlu gue beliin lagi !! “ celoteh Adit sambil duduk di tempat tidurku.
“Haaah, bawel !! Itung aja tuh alarm yang udah loe beliin buat gue !! Sekalian aja tuh loe beliin ayam jago, trus loe taruh deh di kamar gue !! “ jawabku sambil memakai kaos kaki.
“Oh iya, bagus juga ide loe, besok gue beliin deh,” sahut Adit sambil cengar-cengir.
“Hehe, lucu yah ??” jawabku sambil nyengir.
“Nggak!! Udah deh cepetan, gue nggak mau telat gara-gara nungguin loe !!”
“Iya-iya, gue ambil sepeda dulu deh,”
“Nona Sasa, ngapain loe ngambil sepeda?? Gue kan udah bilang kalau gue bawa motor. Kalo loe mau berangkat sendiri, yaudah nggakpapa juga siiih,” Adit langsung mengambil tas dan keluar dari kamarku.
“Adit !! Gue lupa kalo loe bawa motor, gue nebeng loe yah?? “ pintaku.
“Sasa sayang !! Sahabatku tercinta !! Gue tuh bawa motor juga buat nebengin loe !! Karena gue tau hari ini loe pasti kesiangan. Lagian kalo gue nggak mau nebengin loe, ngapain gue tadi lama-lama kesini. Loe tuh emang telmi yah?? Yaudah ayo cepetan !! “ celoteh Adit.
“Iya bawel !!!”

Akhirnya sampek sekolah juga. Opss, ini mah gawat badai, kok gerbangnya udah dikunci. Mana udah sepi lagi. Wah, alamat niiih.
“Adit, kok udah sepi sih ?? Mana gerbangnya udah dikunci lagi,”
“Loe sih pakek acara bangun kesiangan, mana loe dandannya 5 tahun sendiri,”
“Oh my god, hari ini kan pelajarannya Pak Kentang, mampus gue,”
“Daripada loe enak-enakan duduk di motor gue, mendingan loe turun, trus bujukin tuh Pak Agus biar mau buka gerbang buat kita. Loe kan pinter ngrayu,”
“Aaaah, loe tuh, kalo pekerjaan sulit aja dilimpahin ke gue. Yaudah bentar, loe tunggu disini,” aku langsung menghampiri satpam sekolah, dan berharap kebaikan hatinya, untuk membukakan gerbang buat kedua anak yang malang ini. Lebaaaaay.
“Paaaak, tolong bukain gerbangnya doooong. Please,” pintaku.
“Wah, udah nggak bisa, kamu udah telat 15 menit,” tolak Pak Satpam.
“Please pak, ini menyangkut hidup dan mati saya. Please ya pak ya?? “
“Sekali nggak bisa ya nggak bisa !! Makanya besok-besok bangun pagi-pagi !!”
“Tolong pak, bapak kan pasti juga pernah muda kan ?? Tolong pak, buka’in gerbangnya,”
“Oke, tapi ada syaratnya,”
“Apa pak?”
“Kamu harus lari muterin lapangan 15 kali,”
“Haaah?? Gila apa?? Diskon aja ya pak ya ??”
“Mau masuk apa nggak?? “
“Eh iya-iya yaudah deh,”

Aku langsung menghampiri Adit dengan muka cemberut.
“Gimana Sa?? Nggak boleh masuk ya??” tanya Adit, karena melihat mukaku yang cemberut.
“Boleh sih, tapi kita harus lari muterin lapangan 15 kali,”
“Itu mah gampang, ayo naik, trus kita masuk,”
“Gampang kepala loe peyang !! Capek tau !!”
“Ah, manja !! Yang penting kan boleh masuk,” kata Adit sambil memarkir motornya di tempat parkir.

Gilaaa, panas banget, mana lapangannya gede banget. Aaaah, nggak kuaaat….
“Sa, loe tuh sama keong larinya cepet keong tau nggak !!”
“Capek tau !!”
“Iya, ta….” Adit tidak meneruskan kata-katanya, tapi dia langsung berhenti dari larinya dan memandang ke luar lapangan.
“Dit, loe kenapa?” tanyaku sambil menghampiri Adit.
“Sa, kita di surga yah?”

Gue tambah bingung, nih orang sarap kali ya. Dia pikir kita lagi di surga?? Di surga mah adem, nggak panas kayak gini.
“Haa?? Loe kenapa sih Dit?”
“Ada bidadari Sa,”
“Gue tambah nggak ngerti sama yang loe omongin, loe ngigau ya??” tanyaku sambil menghentak-hentakkan tubuh Adit.
“Nggak Sa, sini deh,” Adit langsung menyeret tanganku dan menunjuk ke salah seorang cewek yang sedang berjalan bersama teman-temannya di koridor.
“Cantik ya Dit?” tanyaku dengan muka agak cemberut.
“Banget Sa, kayaknya gue cinta pada pandangan pertama deh sama dia, bantuin gue ya? Please,” rengek Adit sambil menarik-narik tanganku.
“Iya-iya deh,” Oppss, tapi kenapa ya hati aku sakit banget denger Adit ngomong gitu. Apa mungkin?? Ah, nggak, aku sama Adit kan udah sahabatan dari jaman bayi, sampek sekarang kelas 2 SMA. Nggak mungkin lah gue ada rasa sama dia.
“Ah, ayo terusin larinya, gue udah haus niiih,” Adit membuyarkan lamunanku.
“Gue juga haus, panas banget,” udah badan panas, hati juga ikut-ikutan panas.

Aku sama Adit ketemuan di kantin. Ngomongin cewek yang disukain Adit tadi. Tapi kenapa ya gua nggak rela banget nyritainnya.
“Gimana Sa?? Loe udah dapet infonya?” tanya Adit sambil menyeruput es tehnya.
“Gue tadi udah tanya sama Tia, katanya sih dia namanya Reva, anak kelas 11 IPA 2. Rumahnya di kompleks perumahan kita juga. Tapi beda blok, kalo nggak salah dia di blok P,”
“Serius loe sa ?? Deket dong sama rumah kita. Cuma tinggal jalan 3 blok udah sampek, tapi gue kok nggak pernah liat dia ya?”
“Ya iyalah, orang dia itu pindahan dari Bali,”
“Makanya…, Eh Sa, nanti sore sepeda keliling kompleks yuk?”
“Loe kena setan apa? Tiba-tiba ngajakin gue sepeda keliling kompleks? “
“Ya, sebenarnya sih gue pengen tau rumah dia, mau ya? Please, loe kan sahabat gue tersayang,”
“Loe tuh !! Kalo pas butuh aja ngrayu-ngrayu. Oke deh, tapi loe harus jemput gue,”
“Oke nooon,”

Aku dan Adit ada di taman, Adit duduk di sampingku. Tiba-tiba dia memegang tanganku. Deg, oh god, jantungku rasanya udah berhenti.
“Sa, loe mau nggak jadi cewek gue?” Adit langsung bersimpuh di hadapanku.
“Loe…loe…serius kan?”
“Gue serius Sa, loe mau kan?”
“Emh, kayaknya nggak ada alasan buat gue nolak loe,” Aditpun langsung memelukku. God, aku berharap ini bukan mimpi.
“Nooon !!! Loe tuh ya, kerjaannya molor terus. Kita kan udah janjian buat sepeda keliling kompleks sore ini,” Adit mengguncang-guncangkan badanku.
Loh, kok gue ada di kamar, Adit? Kok dia beda banget sama tadi, loh tamannya pergi kemana?
“Dit, loe ngapain disini?”
“Loe gimana sih? Kita kan udah janjian buat sepeda keliling kompleks. Eh, loe malah enak-enakan molor,”

Oh god, jadi itu semua cuma mimpi. Kenapa sih nggak mimpi aja terus?? Loh kok, perasaan apa ini. Jangan-jangan emang bener aku suka sama Adit. Ah, nggak mungkin…
“Sasa sayang !! Kok loe malah bengong sih !! Cepet ganti baju sana !! Udah sore nih !!” sentak Adit membuyarkan lamunanku.
“Iya bawel !! Mending loe ke bawah, nyiapin sepeda gue. Jadi nanti gue turun, kita bisa langsung cabut,”
“Iya-iya nooon,” Adit langsung berlari kebawah.

Kok perasaanku nggak enak gini ya. Gue nggak rela banget kalau Adit sama Reva. Aaaah…, nggak deh, nggak mungkin gue suka sama Adit.
“Sa, loe kenapa sih, nggak bersemangat banget?? Loe lagi sakit??”
“Eh, enggak kok Dit, gue cuma … “ belum selesai aku ngomong tiba-tiba Adit berteriak mengagetkanku.
“Sasa !! Itu kan Reva, bener kan itu Reva !! Waaah, cantik banget ,” Adit tidak melihat jalan, tapi melihat Reva, Adit tidak melihat kalau di depannya sedang ada perbaikan jalan. Akhirnya insidenpun tak terhindarkan. Bruuuuk, sepeda Adit terperosok di lubang tepat didepan rumah Reva. Aku langsung berlari menolongnya, begitupun dengan Reva.
“Makanya, kalo lagi jalan tuh ya, matanya jangan stereo,”
“Loe tuh, temennya kena musibah nggak dibantuin,”
“Halo, kamu nggakpapa kan?” Reva menghampiri Adit.
“Eh, nggak…nggakpapa kok,”
“Kayaknya kaki kamu ada yang luka, mending kamu mampir dulu ke rumahku, biar aku obatin,”

Adit memasang wajah memelas kepadaku, akhirnya akupun mengerti maksud Adit. Aku mengiyakan, dan membantu Adit ke rumah Reva.
“Rev, makasih ya, udah mau ngobatin aku?” haa?? Adit pakek bahasa aku kamu?? Aku aja yang udah dari lahir temenan sama dia, nggak pernah dipanggil aku-kamu. Eh, ini baru kenal, panggilnya aku-kamu.
“Iya, nggakpapa kok, ngomong-ngomong kamu juga sekolah di SMA BONAVIT ya?”tanya Reva.
“Iya, kelas 11 IPS 1, ”
“Sekelas sama Sasa?”
“Nggak, Sasa mah di 11 IPA 1,”
“Oh gitu ya…, rumah kamu juga daerah sini?”
“Iya, gue sama Adit tetanggaan, bosen gue dari kecil liatnya dia teruuuuuus,” sahutku.
“Huh !! Tapi kalo gue tinggal, loe kangen kan?” sahut Adit.
“Nggak, siapa bilang …,”
“Oh, jadi kalian tetangga? Boleh dong kapan-kapan kalau aku butuh buku atau apa gitu, maen ke rumah kalian,”
“Waaah, boleh banget, lagian kan kita satu sekolah juga,”
“Waaah, makasih ya…” jawab Reva.
“Justru aku yang harusnya makasih sama kamu. Soalnya kamu udah nolongin aku,”
“Iya, sama-sama,” jawab Reva.

Sejak saat itu, mereka berdua menjadi dekat. Sering main bareng, sejak saat itu pula, Adit jarang main sama aku lagi. Dia juga jarang ke rumahku. Karena dia lebih sibuk sama Reva. Sekarang aku hobby nulis di diary, karena aku udah nggak tau lagi mau curhat sama siapa. Karena biasanya Adit yang selalu denger curhatku, tapi yaaah…, dia sekarang punya kehidupan sendiri, yang mungkin lebih menarik. Sampai akhirnya akupun sakit dan harus dirawat di Rumah Sakit, Adit hanya sekali-kali menengokku, padahal dulu, kalau aku sakit, Adit selalu nemenin, sekarang udah berubah. Adit yang aku kenal bukan Adit yang dulu, bukan Adit yang selalu ngehapus air mataku, bukan Adit yang selalu nyiapin bahunya buat aku jadiin sandaran. Yaaah…, semua berubah, sejak saat itu….
“Sa, loe belum sembuh ya?” tanya Adit waktu menjengukku.
“Yaaah, kayak yang loe liat, yaudah deh, gue mau mandi dulu,”
“Oke, gue tungguin disini ya?”
“Oke, tapi jangan ngintip lho !! “
“Idiiih, siapa juga yang mau ngintip loe. Pintunya loe buka aja, gue juga nggak bakal ngliat loe,”
“Bagus deh. Oh iya dit, gue minta tolong doong. Tolong ambilin baju gue ya?? Loe kan tau dimana gue nyimpen semua baju gue. Mama sama papa lagi di acara pernikahan temennya. Kak Reza juga lagi kuliah. Tolong ambilin ya?”
“Oke nooon, loe tunggu disini ya?”
“Iya bawel, jangan lama-lama ya??”
“Oke,” Adit langsung keluar dari kamar dan menuju rumahku.

Sambil nunggu Adit balik lagi, iseng-iseng aku lihat Facebook. Aku lihat profil Adit. Kok masih lajang ? Trus di dindingnya nggak ada kiriman sama sekali dari Reva. Emang, selama aku sakit, mereka belum jadian? Trus kalau belum jadian, kok mereka sering keluar bareng. Saat aku melamun, tiba-tiba Adit membuka pintu. Matanya merah, mungkin kena angin kali ya…
“Udah sampek Dit? Mana baju gue ?” aku mengulurkan tangan untuk meminta bajuku.
“Nih,”
“Dit, loe belum jadian ya sama Reva ?”
“Nggak tau deh Sa, perasaan gue berubah,”
“Loh, kenapa?” tanyaku penasaran.
“Karena ini,” Adit mengeluarkan buku kecil berwarna biru muda dari jaketnya.
“Itu….,” aku kaget karena buku itu buku milikku. Tepatnya lagi buku diaryku.
“Iya, ini ngebuat gue sadar, kalo ada cewek yang mencintai gue dengan tulus. Tapi gue bodoh, gue nggak pernah ngeliat dia. Gue malah nyakitin dia,”
“Adit…,” air mata menetes dipipiku.
“Sa, kenapa loe nggak bilang dari dulu ? Kenapa loe nggak ngaku ? “
“Karena gua takut Dit, gue takut loe bakal ngejauhin gue kalo loe tau sebenernya. Gue mau tetep sama loe, meskipun gue cuma jadi temen loe,”
“Sasa, satu hal yang perlu kamu tau. First love gue itu loe. Tapi loe nggak pernah ngasih sinyal balik ke gue, jadi gue pikir loe nggak ada perasaan apa-apa ke gue,”
“Loe serius kan Dit?”
“Gue serius Sa, gue selalu berharap loe bisa jadi cewek gue,”
“Reva?”
“Reva udah punya cowok, selama ini dia PHP ke gue,”
“Tapi gue nggak mau jadian,”
“Gue sadar, gue udah nyakitin loe. Gue terima keputusan loe,”
“Adiiit !! Loe tuh dari dulu nggak pernah berubah ya !! Kurang peka !! Gue nggak mau jadian soalnya, kalo kita nanti putus, kita bakal canggung, nggak kayak dulu lagi, gue takut itu. Gue pengen jalanin apa adanya. Tapi kita harus inget, loe milik gue dan gue milik loe,”
“Hubungan Tanpa Status nih ceritanya?”
“Yah, daripada Status Tanpa Hubungan?”
“Iya deh, tapi kita harus inget kalo kita milik satu sama lain,”
“Idih, gue milik mama papa kali,” sahut Sasa.
“Sasa !!!” Adit langsung memeluk Sasa.

Yaaah, saat itu dunia rasanya indah bangeeet. Aku nggak mau jadian sama Adit, karena suatu saat kalau kita putus, kita bakal jaga jarak. Dan aku nggak mau itu terjadi. So, kita jalanin aja apa yang ada. Tapi kita ingat satu hal, kalau kita saling memiliki….
PROFIL PENULIS
Rizka Nurin H ~ SMKN 1 Blitar (XI TP3TV) ~ Simple ~ Directioner ~ www.facebook/rizkarnh

DMCA Protection on: http://www.lokerseni.web.id/2013/07/look-at-me-cerpen-cinta.html#ixzz2Y36oLwi2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>