PEDOMAN STUDI BANDING

PEDOMAN KEBIJAKAN PENERIMAAN TAMU/KUNJUNGAN DAN PENYELENGGARAAN KEGIATAN DI PERPUSTAKAAN SIDODADI

PENGERTIAN
Tamu adalah orang-orang yang berkunjung ke Perpustakaan
Sidodadi, perorangan maupun kelompok, yang berasal dari dalam maupun dari luar Daerah.

Kegiatan adalah aktivitas di luar layanan rutin perpustakaan yang diselenggarakan oleh pihak luar atau kerja sama dengan Perpustakaan Sidodadi, dan diadakan di Perpustakaan Sidodadi.

Pengguna Anggota adalah anggota yang masih aktif Perpustakaan Sidodadi.
Pengguna non Anggota adalah masyarakat umum di luar anggota aktif.

RUANG LINGKUP

Tujuan kunjungan tamu bermacam-macam, antara lain: mencari literatur (mengakses koleksi), memanfaatkan fasilitas belajar, library tour (library visit), studi banding, magang, atau melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya kerja sama dengan Perpustakaan Sidodadi (bedah buku, pameran, pelatihan, workshop, dan sebagainya).

KEBIJAKAN UMUM

Kebijakan umum tentang penerimaan tamu/kunjungan ke Perpustakaan Sidodadi adalah sebagai berikut:

  1. Perpustakaan Sidodadi terbuka untuk dikunjungi masyarakat luas.
  2. Kecuali kunjungan rutin, setiap kunjungan harus terjadwal.
  3. Pelayanan untuk pengunjung tergantung kepada jenis kunjungan. Jika sifatnya library visit, tamu dipandu berkeliling Perpustakaan Sidodadi sambil menjelaskan berbagai fungsi dan layanan yang ada. Sedangkan kunjungan studi banding disediakan presentasi terkait materi studi banding yang diinginkan, ditambah dengan library visit (jika diperlukan).

Jenis-jenis kunjungan dan kebijakan untuk layanan pengunjung luar adalah sebagai berikut:

1. KUNJUNGAN RUTIN
Kunjungan yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok baik dari dalam maupun
luar daerah dengan tujuan untuk mengakses koleksi yang ada di Perpustakaan Sidodadi. Kunjungan ini dibuka setiap hari kerja. Syarat berkunjung adalah membawa kartu identitas, atau melakukan registrasi di counter Informasi bagi pengguna non Anggota. Pengguna berhak mengakses koleksi, membaca di tempat, atau memfotokopi koleksi yang diperlukan di Perpustakaan Sidodadi. Pengguna dari luar Anggota aktif Sidodadi tidak dapat meminjam buku, namun diperkenankan membaca dan/atau memfotokopi koleksi di tempat.

2. LIBRARY TOUR (LIBRARY VISIT)
Kunjungan yang dilakukan oleh kelompok (baik dari lingkungan
sekitar maupun dari luar daerah) dengan tujuan untuk melihat atau meninjau fasilitas dan layanan perpustakaan secara umum. Ketentuan untuk melakukan library tour (library visit) ke Perpustakaan Sidodadi adalah:

  1. Mengirimkan surat permohonan kunjungan lengkap dengan tujuan kunjungan, waktu, dan jumlah peserta, minimal 3 hari sebelum berkunjung. Surat dapat dikirimkan melalui pos dengan alamat: Perpustakaan Sidodadi, Desa Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55653 atau no hp. 085693739803 atau e-mail: perpustakaan_sidodadi@yahoo.co.id
  2. Melakukan kunjungan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh Perpustakaan Sidodadi

3. STUDI BANDING
Kunjungan yang dilakukan oleh lembaga lain yang ingin mengetahui atau mendalami lebih detil tentang pengelolaan organisasi perpustakaan. Studi banding biasanya dilakukan oleh pustakawan atau lembaga sejenis yang tugas-tugasnya berkaitan dengan pengelolaan informasi. Ketentuan melakukan studi banding ke Perpustakaan
Sidodadi adalah:

  1. Mengirimkan surat permohonan studi banding lengkap dengan materi yang ingin didalami, waktu dan jumlah peserta, minimal 3 hari sebelum melakukan studi banding. Surat dapat dikirimkan melalui pos dengan alamat: Perpustakaan Sidodadi, Desa Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55653 atau no hp. 085693739803 atau e-mail: perpustakaan_sidodadi@yahoo.co.id
  2. Melakukan studi banding sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh Perpustakaan Sidodadi.

4. MAGANG
Perpustakaan
Sidodadi menerima magang dari pustakawan perpustakaandesa, dan mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dari berbagai perguruan tinggi. Ketentuan magang adalah materi yang ingin didalami memang tersedia di Perpustakaan Sidodadi. Sedangkan untuk persyaratan administrasi diatur sebagai berikut:

  1. Jika peserta magang adalah pustakawan, ditetapkan biaya sesuai dengan materi dan lamanya magang. Penetapan biaya sesuai dengan anggaran peserta magang.
  2. Jika peserta magang adalah mahasiswa, tidak dikenakan biaya.
  3. Jumlah peserta magang maksimal 5 orang dalam waktu yang bersamaan.

Ketentuan melakukan magang di Perpustakaan Sidodadi adalah:

  1. Mengirimkan surat permohonan magang lengkap dengan materi yang ingin didalami, waktu dan jumlah peserta, minimal 2 minggu sebelum melakukan magang. Surat dapat dikirimkan melalui pos dengan alamat: Perpustakaan Sidodadi, Desa Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55653 atau no hp. 085693739803 atau e-mail: perpustakaan_sidodadi@yahoo.co.id
  2. Membuat laporan magang dan menyerahkan 1 copy ke Perpustakaan Sidodadi

 

5. KEGIATAN KEPUSTAKAWANAN (BEDAH BUKU/DISKUSI BUKU, PAMERAN, SEMINAR, WORKSHOP, TALKSHOW, PELATIHAN, LOKAKARYA, DAN SEJENISNYA)
Perpustakaan
Sidodadi terbuka melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kepustakawanan. Untuk kegiatan tersebut, ditentukan kebijakan sebagai berikut:

  1. Lembaga yang berminat melakukan kerja sama harus mengirimkan proposal kegiatan minimal 2 minggu sebelum penyelenggaraan.
  2. Setiap kegiatan yang disepakati harus berjudul: “Kerja sama antara Perpustakaan Sidodadi dengan….(nama lembaga)”
  3. Pelaksanaan kegiatan harus sama-sama menguntungkan, baik bagi Perpustakaan Sidodadi maupun bagi lembaga yang mengajukan kerja sama.
  4. Biaya kerja sama per kegiatan ditentukan sesuai dengan besar dan lamanya kegiatan dan fasilitas yang digunakan.