MAKANAN TRADISIONAL

 

Resep Membuat Kue Lapis Terigu Tradisional
 
Kue lapis merupakan jajanan khas Indonesia yang dibuat dari dua warna kue atau lebih yang ditumpuk berlapis-lapis, sehingga sering disebut kue lapis. Biasanya Kue lapis dibuat dengan tepung beras, tepung terigu, atau tepung kanji. Kue basah ini mudah ditemukan di hampir setiap daerah di Indonesia. Rasanya kenyal, legit dan manis membuat kue ini tetap disukai oeh semua kalangan.

Kue lapis yang baik biasanya berwarna merah atau hijau, karena dibuat dengan pewarna alami yaitu daun pandan atau sirup. Sehingga kue lapis aman dikonsumsi untuk anak anak maupun dewasa. Untuk membuat kue lapis tidak terlalu susah hanya saja memang setiap bahan harus dikukus satu satu, bahan bakunya juga mudah didapat. Berikut ini adalah resep membuat kue lapis terigu tradisional :

Bahan membuat kue lapis:
tepung terigu 500 g
1/2 butir kelapa ( buat santan 1750 cc)
gula pasir 300 g
coklat bubuk  2 sdm
garam secukupnya
air daun suji 50 cc

Cara membuat kue lapis terigu tradisional :

  • Campurkan tepung terigu, gula pasir serta garam. Tuangkan santan secara bertahap sambil mengaduknya agar rata.
  • Adonan dibagi menjadi 3 bagian, untuk warna coklat tambahkan coklat bubuk yang dicairkan, warna hijau tambahkan air daun suji, dan putih tanpa campuran.
  • Siapkan loyang kue lapis kemudian Olesi memakai minyak jangan lupa alasi menggunakan  daun pisang, kertas roti, atau plastik.
  • Tuangkan adonan pertama kemudian dikukus.jiak adonan kue lapis pertama telah setengah matang,Masukan adonan kue kedua untuk melapisinya kemudian kukus kembali sampai setengah matang.Lakukan hal yang sama hingga adonan kue lapis habis. setelah itu Kukus kue lapis hingga matang kemudian dinginkan. kue Lapis siap disajikan untuk 35 potong
Selamat mencoba membuat kue lapis tradisional dirumah. Kreasikan dan buat aneka kue lainnya, semua resep kue ada disini. Semakin anda sering mencoba pasti akan menghasilkan aneka kue yang baik dan enak. Semoga bermanfaat.
Cara Membuat Nagasari Kue Tradisional
Naga sari merupakankue basah tradisional yang sampai sekarang masih cukup dikenal. Jajanan pasar ini selain murah dan dibuat secara tradisioanl sehingga aman untuk dikonsumsi untuk anak anak. Resep Kue nagasari biasanya diisi pisang di dalamnya.
Namun sekarang Kue nagasari jarang ditemukan kalah dengan jajanan modern. Kue nagasari sekarang sering kita jumpai pada acara acara formal atau semi formal. Jarang sekali pedagang makanan yang menjual nagasari ini didaerah perkotaan kalaupun ada pasti susah dicari. Mungkin karena sifatnya yang tidak tahan lama jadi jarang yang menjajakan kue ini.
Jika anda ingin jajanan sehat untuk anak tidak ada salahnya anda membuat sendiri jajanan sehat tersebut.  dibuat secara tradisioanl sehingga aman untuk dikonsumsi untuk anak anak. Untuk membuat kue nagasari baca resep nagasari isi pisang yang nikmat ini :

Bahan Membuat Naga Sari
:
tepung beras 250g ( gunakan tepung hunkue untuk hasil yang lebih lembut )
tepung tapioka 100g
gula pasir 200g
1/2 butir kelapa dibuat santan kental 700 ml ( dapat diganti susu kedelai agar lebih sehat )
pisang raja 5 buah , kupas lalu potong sesuai selera
daun pisang  untuk membungkus.
daun pandang secukupnya
Cara membuat Nagasari :
  • Panaskan santan, gula pasir dan daun pandan sampai tercampur dan gula meleleh.
  • Masukan tepung beras yang telah dilarutkan menggunakan sedikit air ke dalam campuran santan setelah itu masak dengan api yang kecil sambil diaduk hingga setengah matang, jika sudah merata dan mengental angkat adonan.
  • Siapkan daun pisang untuk membungkusnya, ambil beberapa sendok adonan nagasari. Setelah itu taruh potongan pisang pada tengah adonan dan tutupi dengan adonan lagi.
  • Bungkus Nagasari secara rapi dengan daun pisang, rapikan ujungnya dengan dilipat.
  • Bungkus semua adonan nagasari sampai semua habis.
  • Kukus Nagasari selama kurang lebih 45 menit. tunggu sampai matang kemudian angkat. Kue Nagasari siap diasajikan.
Demikian resep membuat kue nagasari, jajanan sehat untuk keluarga. Silakan mencobanya dirumah, jika anda butuh resep kue lainnya selalu ikuti blog masak kue ini yah. Silakan coba resep kue basah lainnya yang tak kalah mantap dari kue nagasari ini. Terimakasih.
Resep Membuat Cara Bikang Istimewa
Kue cara bikang termasuk jenis kue basah yang sampai saat ini masih diminati oleh masyarakat indonesia karena rasanya yang enak dan empuk. Jajanan pasar ini memang mempunyai cita rasa yang khas sampai saat ini. Kue cara bikang lebih dikenal dengan nama kue bikang tradisional. Kue cara bikang ini rasanya dijamin mantap, empuk, manis dan legit.

Anda dapat dengan mudah memebeli kue cara bikang di pasar pasar tradisional dengan harga yang murah dan terjangkau. Bagi anda yang ingin membuat cara bikang sendiri juga bisa. Cara membuat kue cara bikang ini mudah dan sederhana. Berikut ini adalah resep membuat kue cara bikang istimewa empuk dan lezat.


Untuk biang Cara Bikang
:
tepung beras 2 sdm
1/4 butir kelapa ( buat 150ml santan )
Bahan kue Cara Bikang:
tepung beras 340 g
tepung terigu 50 g (protein sedang)
gula pasir 150 g
garam 1/2 sdt
1 1/2 butir kelapa ( Buat santan 700ml )
Pewarna makanan secukupnya ( merah dan hijau )
BAHAN Untuk OLESAN Cara Bikang:
1/2 butir kelapa ( buat santan 100ml )
CARA MEMBUAT KUE CARABIKANG :
  • Membuat Biang: tepung beras, santan dimasak lalu diaduk aduk hingga mendidih ( meletup ). Angkat.
  • Kemudian Tuangkan bahan biang yang masih panas ke dalam campuran bahan cara bikang ( tepung terigu, tepung beras, garam, serta gula ) Aduk sampai rata mamakai sendok kayu sambil diKeplok-keplok.
  • Jika adonan sudah mulai hangat, tuangkan santan jangan lupa diuleni sambil dikeplok-keplok selama 30 menitan.
  • Ambil adonan sebanyak 2 sdm. Tambah sedikit pewarna merah.  Setelah itu Ambil lagi adonan cara bikang sebanyak 2 sdm. Tambah sedikit pewarna hijau lalu Aduk sampai rata.sisihkan.
  • Panaskan cetakan tanpa diolesi minyak selama 1 jam dan isi cetakan dengan kelapa parut.
  • Tuangkan adonan cara bikang sampai 3/4 cetakan tingginya.Teteskan sedikit adonan merah dan adonan hijau. Jika kelapa kering ganti dengan parutan kelapa yang baru.
  • Panggang Cara bikang hingga berpori – pori. Cungkil pada bagian bawah tengah cara bikang dan tunggu hingga merekah kemudian angkat.
  • Tahan sampai merekah. Angkat.
  • Terakhir Olesi permukaan kue cara bikang serta pada bagian bawah kue cara bikang memakai bahan olesan santan. cara bikang telah siap dihidangkan
Mudah bukan resep membuat kue cara bikang. Silakan dicoba dirumah semoga berhasil. Coba juga resep aneka kue basah tradisional lainnya yang tak kalah nikmat. selamat mencoba resep kue cara bikang Semoga bermanfaat.
Resep Cara Membuat Kue Onde Onde Jawa Tradisional
Kue Onde onde isi kacang ijo adalah kue tradisional yang sudah dikenal lama Indonesia terutama di daerah mojokerto yang memang dikenal sebagai kota onde onde sejak zaman majapahit.  Onde onde memiliki bentuk bulat dengan balutan wijen mirip kue wijen tapi kue onde onde ini ukurannya lebih besar dan rasanya empuk dan manis. Salah satu yang khas dari kue enak ini pada bagian dalam kue yang diisi dengan kacang hijau membuat kue onde onde terasa nikmat.

Di malaysia onde onde sering disebut kue buih dengan isi kelapa atau kacang. Menyebut Onde onde di malaysia sering membuat rancu karena di malaysia kue onde onde juga ada dengan wujud kue klepon. Ya di sana kue klepon di Malaysia disebut dengan kue onde onde.
Onde onde bertabur wijen nampak begitu menarik biasa dimasak dengan cara digoreng. Untuk membuat Onde onde biasanya memakai tepung ketan namun di daerah lain ada juga yang membuat kue onde onde ini menggunakan tepung terigu

Bagi anda yang ingin mencoba resep onde onde tradisional saya akan bagikan resep membuat onde onde yang mudah dan sederhana namun tetap enak dan lezat. Membuat onde onde gampang kok tidak susah seperti membuat lapis legi. Berikut resep membuat kue onde onde tradisional

Cara Membuat Kue Onde onde Istimewa

Bahan membuat onde onde : 
kacang hijau 250 gr ( tanpa kulit, rendam selama 4 jam )
garam 1/2 sdt 
gula pasir 100 g
vanilli bubuk 1/4 sdt
Bahan Kulit onde onde :
beras ketan 500 g tepung 
tepung beras 75 g 
gula pasir 250 g 
wijen 200 g 
minyak untuk menggoreng
air hangat 150 ml
garam 1 sdt 
vanilla bubuk 1/2 sdt 
Cara membuat Isi Kue Onde Onde:
  • Rebus kacang hijau diriebus dengan api yang sedang hingga kacang empuk, kemudian masukan gula serta vanilli bubuk, aduk rata.
  • Masukkan air secara bertahap sambil mengaduknya hingga empuk dan kering. Angkat sisihkan.
Cara membuat Kulit Onde onde :
  • Campurkan tepung beras, tepung beras ketan, garam, serta vanili bubuk lalu aduk rata.
  • Masak air sampai panas namun jangan biarkan mendidih. Angkat.
  • Tuangkan air panas ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk rata hingga adonan menjadi bisa dipulung.
  • Ambil adonan tepung sebanyak 2 sendok makan, lalu pipihkan pada tangan untuk membuat cekungan.
  • Isi cekungan dengan adonan isi kacang hijau, tutup adonan dan bentuk bulat kembali menjadi seperti bola-bola.
  • Celupkan adonan onde onde pada air dingin. Kemudian Guling gulingkan pada wijen sambil ditekan tekan sedikit,dan  putar menggunakan kedua telapak tangan agar bentuknya semakin bulat dan wijen dapat menempel rata.
  • Panaskan minyak setelah itu kecilkan api dan goreng kue onde onde hingga mengapung dan berwarna kekuningan. Angkat dan tiriskan.
  • Onde onde nikmat disajikan saat masih hangat. untuk 12 buah.
Sangat mudah bukan membuat onde onde ini. Meskipun resepnya sederhana namun onde onde ini tetap enak tak kalah dengan aneka kue basah lainnya. Sangat cocok dihidangkan sebagai teman minum teh. Semoga dapat bermanfaat, selamat mencobanya dirumah.
Cara Membuat Getuk Lindri Tradisional Jawa
Siapa tak mengenal getuk lindri ? Makanan berbahan dasar singkong ini sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat indonesia terutama yang tinggal di jawa tengah dan jawa timur. Selain getuk lindri di setiap daerah di jawa memiliki jenis getuk sendiri. Getuk lindri merupakan kue khas nusantara dari kota Magelang dan Jogja yang sering dijadikan oleh oleh.

Kue getuk lindri merupakan salah satu jajanan pasar yang masih mudah kita jumpai. Proses pembuatan getuk dengan menumbuk singkong dengan alu dan dicampur gula jawa atau gula jawa hingga halus. Cara membuat getuk yang tradisional seperti membuat cita rasa getuk ini tetap terjaga rasanya.

Untuk membuat getuk lindri sedikit berbeda dari membuat getuk lain pada umumnya. Setelah proses membuat getuk dengan cara ditumbuk sampai halus getuk lindri kemudian di giling dan dibuat panjang seperti mie dan kemudian dirapatkan. Namun jika anda ingin membuat getuk lindri tanpa alat giling pun sebebarnya bisa. Berikut resep membuat getuk lindri tradisional

Bahan Membuat Getuk Lindri:
singkong 1 kg
gula pasir 200g
vanili 1/2 sendok
kelapa 1/3 butir parut kasar
aer 100ml
pewarna makanan
Cara Membuat Getuk Lindri :
  • Masak air tambahkan dan vanili hingga mengental lalu angkat  dan dinginkan.
  • Sementara itu Kukus bahan singkong hingga empuk dan matang.
  • selagi panas tumbuk singkong sambil menuangkan larutan gula serta beri sedikit pewarna makanan, tumbuk sampai tercampur rata dan singkong menjadi lebih halus.
  • Tahapberikutnya adalah menggiling singkong kemudian potong menurut selera anda. Taburi urap kelapa ( parutan kelapa ) diatasnya. Getuk lindri siap untuk di sajikan.
Demikian resep getuk lindri tradisional, ternyata membuat kue tradisional  ini cukup mudah dan sederhana. Selamat mencoba resep getuk lindri dirumah dan Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk  mencoba resep tape  yang istimewa. 
Resep Membuat Bubur Merah Putih Tradisional
Bubur merah putih dikenal juga dengan nama bubur abang biasanya dibuat oleh masyarakat jawa pada tujuh hari kelahiran seorang bayi atau ketika akan memberi nama seorang bayi. Bubur merah ini dibagikan kepada warga sekitar tempat tinggal disertai secarik kertas bertuliskan nama bayi yang baru lahir. Bubur abang ini terdiri dari bubur merah yang diberi bubur putih di tengahnya. Makna Bubur merah putih adalah agar selalu diberi keselamatan dan mendapat restu orang tua.
Bubur abang ini juga tergolong dalam kue jajanan pasar  yang sering disajikan untuk berbagai acara ritual kepercayaan. Namun jika ingin membuat bubur merah putih untuk dikonsumsi sendiri juga tidak masalah karena bubur ini juga enak dan praktis cara buatnya. Bagi anda yang ingin membuat bubur tradisional berikut resep membuat bubur merah putih tradisional. Cara membuat bubur abang ini cukup mudah dan sederhana.

Bahan Membuat Bubur abang 

beras 300 gram ( cuci bersih )
gula merah 300 gram (iris tipis)
kelapa  1 butir ( buat santan 1 1/2 liter )
daun pandan 2 lembar ( lipat simpul )
garam secukupnya
Daun pisang

Cara membuat Bubur merah putih

  • Panaskan beras bersama santal tambahkan daun pandan dan garam. Masak sambil diaduk sampai beras menjadi bubur. Bagi bubur menjadi dua bagian.
  • Masak salah satu bagian bubur ditambah dengan irisan gula merah. Aduk hingga gula larut dan bubur menjadi merah kecoklatan. ANgkat
  • Siapkan piring saji taruh daun pisang diatasnya, taruh bubur merah diatas daun pisang tambahkan bubur putih diatasnya. Bubur merah putih siap dinikmati atau dikirim ke tetangga.
Demikian resep bubur merah putih tradisional. Bubur ini juga enak dinikmati bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba membuat bubur merah putih, semoga bermanfaat. 
Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Istimewa
Kue Klepon lebih dikenal dengan Nama Klepon merupakan kue basah tradisional Indonesia. Dikenal sebagai jajanan pasar yang berbentuk bulat berselimut Parutan kelapa dan biasanya disajikan dengan wadah daun pisang. Kue klepon biasa diisi dengan gula merah sehingga saat digigit rasa gula merah langsung meletus lumer dimulut memberikan rasa yang benar benar khas. 
Membuat Klepon dengan cara tradisional membuat kelepon menjadi jajanan yang sehat untuk dikonsumsi karena kelepon tradisional ini tidak mengandung bahan tambahan seperti pengawet atau pewarna makanan. Kue kelepon ini mudah dijumpai di pasar pasar tradisional dijajakan bersama kue cenil, kue lupis,  ongol ongol, getuk sebagai cemilan. 
Di sumatra kue kelepon dikenal dengan nama onde onde, namun bukan onde onde yang ada di jawa. Onde onde jawa bukanlah klepon tapi kue tradisional dari tepung beras bulat yang berbalut wijen dan biasanya berisi kacang hijau. 
Umumnya klepon memiliki warna hijau yang diberi pewarna dari daun suji atau pandan. Yang berbeda adalah kue klepon dengan warna ungu, kue klepon ini dibuat dengan menambahkan ubi ungu kedalam bahannya. Untuk resep cara membuat kue klepon ubi ungu ikuti langkah langkah resep berikut ini. 


Bahan membuat Kue Klepon :
tepung ketan 100 gr 
Ubi Ungu 250 gr 
gula merah 50 gr 
air hangat 75 cc 
Garam secukupnya
kelapa parut 100 gr + garam ( untuk taburan )
Cara membuat kue klepon Ubi Ungu :
  • Kukus ubi ubi ungu setelah itu dihaluskan.
  • Campurkan ubi yang telah dihaluskan dengan tepung ketan dan air hangat, aduk rata sampai bahan menjadi kalis dan halus.
  • Ambil  adonan setengah sendok, isi adonan klepon dengan gula merah, kemudian bentuk menjadi bulat sampai adonan habis.
  • Panaskan air sampai mendidih, masukkan adonan kue klepon yang telah dibulatkan kedalamnnya, hingga kue klepon matang dan mengambang.
  • Angkat Kue Klepon dan tiriskan, sisihkan.
  • Sbagai pelengkap kue klepon, parutan kelapa dikukus dan ditambah garam sampai matang, kemudian angkat.
  • Klepon yang telah ditiriskan diguling gulingkan pada kukusan parutaan kelapa. Kue Klepon Ubi Ungu siap disajikan.
Jika anda ingin klepon berwarna hijau anda dapat menggunakan ubi putih atau ubi lainnya kemudian tambahkan air daun suji / pandan atau pewarna hijau saat mencampurkan ubi, tepung ketan dan air.

Cukup Mudah dan sederhana bukan membuat klepon ubi, jajanan pasar yang tak kalah enak dari berbagai jenis kue kue modern. Semoga resep membuat kue klepon ini bermanfaat dan dapat melestarikan kue klepon sebagai salah satu kue khas nusantara. Silakan mencobanya dirumah semoga bermanfaat.

Resep Membuat Kue Putu Mayang Tradisional Istimewa
Kue putu mayang adalah kue basah indonesia yang termasuk kategori jajanan pasar khas nusantara. Keberadaan kue putu mayang ini sekarang sudah jarang ditemukan. Padahal kue putu mayang ini enak dan dulu sangat mudah ditemukan di pasar pasar tradisional sampai dijajakan secara kelilih. Semakin banyaknya aneka jenis kue modern yang beredar di masyarakat membuat kue putu mayang ini semakin kurang dikenal.

Kue putu mayang ini enak tak kalah dari aneka jajanan modern. Putu mayang biasanya disajikan bersama saus santan seperti saus serabi bandung. Rasa Jajanan kue tradisional ini manis dan gurih dengan bentuk kriting yang unik dan tektur kue yang lembut dan kenyal.

Untuk melestarikan kue putu mayang saya ingin berbagi resep putu mayang tradisional agar kue ini tetap dikenal oleh masyarakat kita. Siapa tahu suatu hari kue putu mayang ini bisa mendunia hehe. Untuk membuat putu mayang murah dan tidak sulit. Berikut resep membuat kue putu mayang yang enak dan lezat.

 

Bahan Resep Putu Mayang :
tepung beras 150 gram
tepung sagu 50 gram 
gula pasir 1 sendok makan 
Air santan 300 ml (1/2 butir kelapa agar lebih gurih)
garam 1/2 sendok teh 
pewarna hijau 2 tetes 
pewarna merah 3 tetes 
Bahan Saus gula jawa Kue Putu Mayang :
250 gr Gula jawa 
400 ml Santan 
3 sdm Gula pasir 
1 lbr Daun pandan
garam secukupnya
Cara membuat saus gula jawa kue putu mayang :
Masak santan, gula pasir,gula merah,dan daun pandan serta garam secukupnya agar rasa saus jadi lebih gurih. aduk saus sampai mendidih namun jangan sampai pecah pecah. Angkat dan sisihkan
Cara Membuat kue Putu Mayang :
  • Campurkan tepung beras,gula pasir santan serta garam aduk sampai adonan larut.
  • Masak adonan diatas api kecil sambil terus diaduk sampai adonan bergumpal. Angkat.
  • Pindahkan adonan dan taruh pada mangkuk. masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit secara bertahap dan uleni adonan kue putu mayang hingga merata.
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian.bagian pertama campurkan warna merah Uleni rata. bagian kedua campur dengan warna merah. Uleni lagi sampai rata.
  • Masukkan adonan ke dalam cetakan kue Putu Mayang. Semprotkan adonan  pada daun pisang secara memanjang kemudian gulung.
  • Kukus adonan selama 15 menit dengan api yang sedang hingga kue matang.
  • Kue Putu Mayang siap disajikan dengan siraman saus. Untuk 24 buah
Demikian resep membuat kue nusantara putu mayang kue sederhana tradisional dengan cita  khas rasa nusantara. Selamat  mencoba resep kue tradisional ini dirumah dan semoga putu mayang tetap lestari dan bisa terus dinikmati oleh anak cucu kita nanti. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Resep Cara Membuat Kue Wajik Ketan Gula Jawa
Wajik ketan siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini. Kue dari beras ketan ini merupakan salah satu  jajanan tradisional yang telah lama dikenal di Indonesia terutama di jawa dan bali. Rasanya manis, legit dan lezat juga.

Kue wajik ketan mudah ditemukan saat ada acara hajatan dan juga saat lebaran di daerah daerah pedesaan sebagai jamuan tamu. Di hari biasa Kue Wajik ketan paling mudah ditemukan di Jawa Tengah terutama di Kota Magelang sebagai oleh oleh khas kota tersebut Meskipun didaerah lain di indonesia juga ditemukan aneka jenis wajik lain untuk oleh oleh seperti wajik bandung, wajik kelapa, wajik kletik bahkan ada pula wajik jagung. 
Wajik ketan memiliki beberapa varian rasa diantaranya wajik ketan gula merah yang memiliki rasa paling legit kemudian kue wajik gula pasir dan juga kue wajik pandan yang tidak menggunakan gula merah. Untuk membuat wajik ketan tidak terlalu sulit tapi membutuhkan tenaga dan kesabaran terutama pada saat mengaduk adonan wajik.

Cara membuat kue wajik ketan
masih menggunakan cara dan bahan yang sederhana sehingga rasa kue istimewa ini tetap terjaga. Bagi anda yang ingin mencoba resep wajik ketan sendiri anda bisa mencobat resep membuat kue wajik ketan berikut ini :


Bahan Resep membuat kue Wajik :
  • beras ketan putih 500 gram (rendam 3 jam, tiriskan)
  • kelapa 1 butir ( buat santan 500 ml )
  • gula merah / Gula jawa 200 gram 
  • gula pasir 2 sendok makan 
  • daun pandan 3 lembar , sobek-sobek, buat simpul
Cara Membuat Kue Wajik Ketan Istimewa :
  • Kukus ketan selama setengah masak siram dengan air panas, angkat, dinginkan. Kemudia Kukus lagi sampai Matang.
  • Panaskan santan, gula jawa dan gula pasir serta daun pandan hingga mendidih dan kental berminyak kemudian kecilkan apinya.
  • Sambil diaduk Masukkan ketan lalu masak sampai matang dan santan terserap semuanya. Ketan harus terus diaduk sampai rata rekat dan kering agar ketan tidak hancur dan gosong.
  • Tuangkan wajik ketan diatas tampah yang dilapisi daun pisang kemudian ratakan dan dinginkan. Terakhir potong sesuai selera, sajikan diatas piring, wajik ketan siap dinikmati.
Kue wajik ketan gula merah ini memang istimewa rasanya. Cita rasanya yang khas membuat kue wajik masih tetap exis sampai sekarang. Meskipun berbagai jenis jajanan dan kue modern mulai banyak bermunculan. Semoga dengan adanya Resep Kue wajik ini bisa menjadikan kue wajik tetap lestari. Selamat mencoba resep enak  membuat wajik, semoga bermanfaat.
Cara Membuat Lemper Ketan isi Abon Ayam Sederhana
Lemper Ketan merupakan Makanan yang terbuat dari ketan dan biasa diisi dengan abon berselimut daun pisang. Jajanan Tradisional ini sangat mudah kita temukan di pasar pasar tradisional hingga toko kue modern walaupun lemper termasuk jenis. Biasanya kue lemper disajikan pada acara  acara tertentu seperti hajatan pernikahan atau khitanan. Kue lemper juga baik untuk bekal perjalanan saat liburan karena mudah dibawa dan cukup mengenyangkan. Lemper paling enak dinikmati dengan gorengan renyah.
Isi dari kue lemper bisa biasanya abon ayam, abon sapi, bahkan abon lele. Namun ada pula yang berisi glaten atau sayuran sebagai alternatif untuk merekan yang tidak mengkonsumsi daging. Lemper yang tergolong kue basah ini Selain menggunakan daun pisang ada juga variasi lain kue lemper yang dibungkus menggunakan krep yaitu kue semar mendem.

Dari cara memasak kue lemper setelah dikukus ada yang digoreng bahkan ada juga kue lemper bakar. Bagi anda yang ingin membuat resep lemper bisa coba resep membuat lemper ketan isi abon ayam istimewa ini.

Bahan membuat lemper ketan isi abon

1 kilo beras ketan
500 ml santan dari 1 butir kelapa
Abon ayam
daun pisang secukupnya
pelastik buat bungkus
Cara membuat kue lemper abon ketan
  • Cuci beras ketan sampai bersih, kukus selama 20 menit. Angkat sisihkan.
  • Masak santan, daun pandan dan garam. CAmpurkan beras ketan kedalam santan, aduk merata. Biarkan 20 menit sampai santan meresap. Angkat
  • Kukus campuran ketan dan santan selamat 30 menit atau sampai ketan matang. ANgkat dan dinginkan diatas tampah yang sudah dilapisi daun pisang.
  • Ratakan dengan tebal 1 Cm kemudian potong dengan ukuran 6 x 4
  • Ambil potongan ketan, isi dengan abon yang sudah disiapkan. KEmudian bungkus dengan daun pisang atau plastik. Lemper siap disajikan
Jika anda ingin membuat lemper goreng anda tinggal menggorengnya dengan minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Agar lemper goreng kelihatan menarik, kocok telur dan masukan lemper kedalam telur kemudian guling gulingkan diatas tepung baru kemudian digoreng. Pasti akan semakin nampak krispy dan mantap.
Tidak sulit bukan cara buat kue lemper ini, Hanya memang perlu sedikit ketelatenan untuk membuat kue lemper dengan hasil yang bagus. Mungkin anda heran jika melihat lemper yang banyak dijual di toko bisa memiliki ukuran yang sama dan menarik. Hal itu dikarenakan saat membuat lemper tidak dengan cara manual. Biasanya lemper yang seperti itu dicetak menggunakan cetakan lemper.

Cetakan lemper ini juga biasa digunakan untuk membuat semar mendem agar ukurannya sama. Terimakasih sudah membaca cara membuat lemper abon ketan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Resep Membuat Kue Lumpur Kentang Khas Nusantara
Kue lumpur merupakan kue kukus tradisional Indonesia dengan tekstur lembut dan rasa yang manis legit istimewa. Meskipun banyak berbagai jenis aneka roti modern bermunculan kue lumpur tradisional ini masih terus bertahan karena memang rasanya yang nikmat dan tak tergantikan.

Kue lumpur termasuk jenis kue basah yang dibuat dengan bahan utama santan dan kentang. Kue lumpur kentang biasanya berasa manis tapi ada juga yang membuat kue lumpur asin. Kue nusantara ini  terkenal di sidoarjo jadi ada juga yang menamainya dengan kue lumpur sidoarjo. Namun nama kue lumpur sidoarjo tidak ada hubungannya dengan bencana lumpur di sidoarjo lho. Karena kue lumpur kentang istimewa ini sudah ada sejak lama.

Anda bisa membuat kue lumpur kentang tradisional ini sendiri karena resep aneka kue lumpur ini cukup mudah dan sederhana untuk dibuat. Bagi anda yang mencari resep kue lumpur kentang bisa coba resep membuat kue lumpur kentang berikut ini.


Bahan Kue Lumpur Kentang :

tepung terigu 200g
kentang 250g (kukus dan haluskan)
gula pasir 200g
kuning telur 6 butir
putih telur 2 butir 
1 butir kelapa (buat santan 500 ml)
margarin 60 gr (lelehkan)
garam halus 1/2 sdt
kismis 60 gr untuk taburan
kelapa muda 60g 



Cara Membuat Kue lumpur Kentang Istimewa :
  1. Kocok bahan telur, gula serta garam selama kurang lebih 20 menit sampai mengembang. Setelah itu masukkan kentang tepung terigu sedikit demi sedikit secara bertahap sambil mengaduknya sampai adonan tercampur rata.
  2. Masukan santan, mentega cair, serta vanili kemudian aduk rata. dan Sisihkan.
  3. Panaskan cetakan kue lumpur dengan api yang sedang, jangan lupa olesi memakai sedikit minyak. Tuangkan adonan kue lumpur ke dalam cetakan sampai tingginya 3/4 dari tinggi cetakan. tutup dan tunggu hingga kue setengah matang. 
  4. Setelah itu tambahkan potong kismis dan kelapa muda di atas kue lumpur. Masak lagi kue lumpur sampai kue matang.
  5. Angkat kue dari cetakan untuk disajikan untuk 30 buah.
Mudah bukan cara membuat kue lumpur kentang ini. Untuk membuat aneka jenis kue lumpur anda dapat mengkreasikannya sendiri dengan mengganti bahan atau taburan kismis dengan keju, coklat, kacang atau sesuai selera anda. Jika anda suka dengan aneka kue basah resep membuat serabi mungkin layak anda coba. Selamat mencobanya dirumah semoga bermanfaat untuk anda. 
Resep Membuat Risoles Isi Sayur Enak
Semua pasti tahu kue risoles atau yang dikenal dengan nama lain kue risol, Kue yang satu ini memang enak dan gurih sehingga disukai banyak orang sampai sekarang. Kue basah khas indonesia ini bahkan dikenal sampai ke manca negara lho.Risoles yang banyak dikenal ada dua macam yaitu risoles isi sayuran dan  risoles isi ragout atau daging. Kadang kadang ada yang menyakamakan risoles dengan kue lumpia karena bentuknya yang  hampir mirip.

Risoles
memiliki rasa yang gurih dan asin menggoyang lidah. Untuk yang suka pedas kue risol   gurih ini nikmat dimakan dengan cabe rawit atau dicocol sambal maupun saus pedas. Biasanya risoles dijajakan dipasar tradional namun di toko toko kue modern risoles juga mudah ditemukan.

Selain sebagai cemilan Risoles cocok dijadikan sebagai jamuan tamu untuk acara rapat, arisan, hajatan bahkan disajikan untuk acara pesta tetap cocok.Bagi anda yang ingin mencoba resep risoles anda bisa menggunakan resep membuat risoles berikut ini. Cara membuat risoles isi cukup mudah kok. Dengan membuat sendiri pasti rasanya lebih enak dan hangat. Berikut cara membuat risoles isi sayuran.

 

Bahan membuat risoles sayuran :
tepung terigu 100 gram 
telur 1 butir
susu bubuk 100 gram 
air 200 ml
Garam secukupnya
Minyak goreng untuk menggoreng
Bahan resep isi risoles sayuran :
susu cair 100 ml
Merica bubuk secukupnya
mentega 2 sdm
tepung terigu 2 sdm
Gula pasir secukupnya
wortel ukuran sedang 2 buah ( kupas, potong kotak )
bawang bombay 1 buah ( cincang halus )
bawang putih 2 siung ( cincang halus )
daun bawang 2 batang ( iris halus )
brokoli 100 gram ( cincang halus )
buncis 100 gram ( iris halus )
jagung manis 50 gram
kacang polong 50 gram 
Garam secukupnya
Bahan celupan risoles sayuran :
telur 2 butir
tepung panir 200 gram
Cara membuat kulit risoles sayuran :
  • Larutkan susu menggunakan air kemudian tambahkan garam dan tepung terigu, aduk sampai rata. Selanjutnya masukkan kocokan telur aduk rata kembali.
  • Siapkan pan penggoreng yang rata panaskan dengan api sedang, olesi mentega.
  • Tuangkan adonan kulit risoles diatas penggorengan, ratakan. Masak sampai matang, angkat dan sisihkan. Ulangi sampai adonan kulit habis.
Cara membuat isi risoles sayuran :
  • Panaskan minyak kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay sampai beraroma harum.
  • Masukkan bahan sayuran jagung, brokoli, buncis, wortel, kacang polong serta daun bawang. Masak sampai sayuran layu kemudian tambahkan merica bubuk, gula pasir serta garam secukupnya.
  • Selanjutnya tambahkan tepung terigu. Aduk rata. Tuangkan susu cair, masak sampai sayuran kental lalu segera di angkat.
  • Ambil selembar kulit risoles, masukkan bahan isi sayuran, lalu lipat dan gulung sampai padat dan rapi.
  • Celupkan risoles kedalam celupan telur, kemudian guling gulingkan risoles ke tepung panir sampai rata.
  • Goreng risoles sayuran dalam minyak panas sampai matang. Angkat dan tiriskan.
Sajikan risoles selagi hangat bersama keluarga atau sebagai cemilan teman minum teh saat santai. Selamat mencoba Resep membuat risoles isi sayuran. semoga bermanfaat.
6 Aneka Resep Membuat Kue Basah Indonesia Paling Istimewa
Aneka kue basah telah ada sejak lama di Indonesia, kebanyakan merupakan kue tradisional khas dari berbagai daerah. Kue Basah memang disukai banyak orang indonesia karena rasanya yang enak dan lezat. Apalagi aneka resep kue basah juga relatif mudah pembuatannya. Bahan kue basah tradisional yang kebanyakan menggunakan bahan santan menyebabkan kue kue ini tidak bertahan lama.
Ada banyak kue  basah indonesia yang termasuk dalam kategori kue basah tradisional asli indonesia seperti kue basah talam, kue mangkuk, kue basah apem, kue klepon, kue basah kamir, kue bugis, kue basah cantik manis dan masih banyak lagi. Selain kue basah tradisional ada juga kue basah modern asli nusantara dan yang dipengaruhi oleh kue dari luar Indonesia seperti brownies kukus, bolu kemojo, lapis surabaya, kue sarang semut dan banyak lagi. aneka kue basah ini memang sangat enak kalau di jadikan cemilan.
Bagi anda yang ingin mencari resep aneka kue basah kami sajikan beberapa aneka resep kue basah yang paling populer di Indonesia. Karena banyaknya aneka jenis kue basah kami hanya tampilkan beberapa saja. Untuk resep kue basah yang lain bisa anda cari di website masak kue. Berikut  Aneka Resep Membuat Kue Basah Indonesia yang Istimewa.
6. Resep Kue Basah | Kue Ku Kacang Hijau
Kue Ku atau kue kura kura, merupakan kue basah tradisional indonesia yang enak dengan isi kacang hijau yang manis. Kue basah ini cukup mudah kita temukan di pasar pasar tradisional. Berikut resep aneka kue basah – Kue Ku
Bahan Membuat Kulit Kue Ku Kacang Hijau
tepung ketan 220 gram 
tepung beras 50 gram 
kentang kukus 100 gram ( haluskan )
air 200 cc 
minyak 20 cc 
Garam secukupnya
Pewarna Makanan secukupnya
Bahan Membuat isi Kue Ku isi Kacang Hijau :
kacang hijau 80 gram  ( rebus, haluskan )
gula pasir 150 gram 
santan kental 50 cc 
air matang 200 cc 
wijen 2 sdm
Garam secukupnya
Cara Membuat Kue Ku Kacang Hijau:
  • Membuat adonan kulit :Ayak tepung beras dan tepung ketan lalu Tuangkan air masak sedikit sedikit. Aduk sampai lembut menggunakan sendok kayu.
  • Tambahkan minyak lalu aduk sampai merata. Tutup adonan kue kue mamakai kain bersih basah. Diamkan sekitar 30 menit. Bentuk bulat, Sisihkan
  • Membuat adonan isi : campurkan kacang hijau, gula pasir, wijen, dan garam tambahkan santan dan air. Masak adonan isi sambil diaduk sampai adonan kalis dan dapat di pulung. Bentuk bulat lebih kecil dari adonan kulit.
  • Pipihkan adonan kulit kemudian isi dengan adonan isi. Tutup lalu cetak adonan dengan cetakan kue ku.
  • Lapisi bagian bawah dengan daun pisang, panaskan kukusan kemudian kukus selama 15 menit. Agar matang sempurna panci pengukus harus sering di buka tutup ketika mengukus.
5. Resep Kue Basah | Kue Bingka Kentang
Kue bingka merupakan kue basah tradisional khas Banjar. Dahulu Kue bingka kentang hanya disajikan pada saat acara acara tertentu oleh suku banjar. Rasa kue ini manis dan legit dengan tektur yang lembut seperti bolu kemojo. Berikut cara membuat kue bingka kentang.
Bahan Membuat Kue Bingka Kentang:
telur bebek 3 butir 
tepung terigu 75 g ( protein sedang )
kentang 300 g ( rebus, kupas dan haluskan )
gula pasir 75 g 
vanili 1/2 sdt 
garam 1/2 sdt 
1 butir kelapa ( buat santan 100 ml )
mentega 1 sdm  ( untuk olesan )
Cara membuat Kue Bingka Kentang:
  • Ayak tepung terigu terlebih dahulu kemudian campurkan dengan gula pasir, kentang, vanili dan garam. Aduk rata kemudian masukkan air santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur rata. Sisihkan
  • Siapkan loyang kue bingka. Oleskan minyak pada permukaan loyang. Sisihkan.
  • KOcok telur bebek sampai mengembang kemudian masukkan adonan kentang sedikit sedikit sambil di aduk rata.
  • Panaskan loyang kue bingka dengan api sedang sampai panas betul. Selanjutnya tuangkan adonan ke loyang. Ratakan dan tutup.
  • Kecilkan api, panggang kue bikang sampai permukaan kue kuning kecoklatan. ANgkat dan dinginkan. Kue bikang kentang istimewa siap disajikan.
4. Resep Kue Basah | Kue Apem Gula Jawa
Paduan rasa istimewa kue apem bisa kita rasakan hanya dari melihat kue ini saja. Ingin yang lebih manis dan legit cobalah kue apem dengan bahan gula jawa. Rasanya dijamin enak dan tak terlupakan, silakan di coba resep membuat kue apem gula jawa berikut ini kalau tidak percaya.
Bahan Membuat Kue Apem Gula Jawa :
tepung beras 150 gram 
tepung terigu 100 gram ( protein sedang )
gula jawa 150 gram 
air kelapa 175 ml 
daun pandan 1 lembar 
ragi instan 1/2 sdt 
kelapa 1/2 butir  ( buat santan 180 ml ) 
garam 1/2 sdt 
bumbu spekuk 1 sdt
baking powder 1 sdt 
Bahan taburan apem gula merah ( kukus ) :
kelapa parut 100 gram
garam 1/4 sdt 
daun pandan 1 lembar 
Cara membuat apem gula jawa:
  • Rebbus gula Jawa dengan air kelapa serta daun pandan sambil diaduk hingga gula melarut. Saring. Ambil 225 ml air gula jawa hangat.
  • Tuangkan air gula sedikit demi sedikit ke dalam tepung beras sambil diuleni hingga lembut. Dinginkan.
  • Jika sudah dingin tambahkan tepung terigu, ragi, garam dan santan serta bumbu spekuk. Kocok selama 15 menit dengan kecepatan rendah. Diamkan selama 30 menit.
  • Tambahkan baking powder. Aduk sampai rata.
  • Panaskan cetakan kecil apem, Tuangkan adonan ke dalam cetakan kecil. Kukus selama 30 menit dengan api besar hingga kue apem matang. Angkat dan sajikan dengan taburan parutan kelapa.
3. Resep Kue Basah | Kue Bolu Kukus Coklat Mekar
Bolu kukus bukan lah bolu biasa, bolu tradisional khas nusantara ini rasanya manis serta banyak pilihan rasa yang dapat kita buat dan kreasikan. Salah satu yang enak adalah kue bolu kukus cokelat. Silakan dicoba resep bolu kukus cokelat ini.
Bahan Membuat Kue Bolu Kukus:
tepung terigu 250 gram  ( protein sedang )
susu cair 200 ml
telur 3 butir
gula pasir 150 gram 
teh vanili bubuk 1/2 sdt  
emulsifier 15 gram 
coklat pasta 1 sdt
Cara membuat Bolu Kukus Coklat Mekar:
  • Campurkan tepung terigu,  gula pasir, emulsifier, dan vanili bubuk. KOcok lepas telur dengan susu cair masukkan ke dalam Adonan tepung. Aduk dengan mixer kecepatan tinggi sampai menjadi adonan yang kental dan mengembang sekitar 10 – 15 menit.
  • Membuat motif kue bolu kukus : Bagi adonan menjadi 2 bagian. Bagian pertama beri pasta coklat, aduk sampai rata.
  • Siapkan kertas cup, tuangkan satu sendok makan adonan putih sebagai dasar kemudian
  • ambil satu sendok makan adonan coklat tuang diatas adonan putih di cup tadi. 
  • Kreasikan sampai adonan memenuhi cup. isi seluruh cup sampai adonan habis. Masukkan cup ke dalam cetakan ( harus sama tinggi agar mekar ).
  • Panaskan kukusan, Masukkan cetakan ke dalam kukusan. alasi dengan kain bersih. Kukus kue bolu selama 15 menit. Angkat dan keluarkan kue dari cetakan. Siap disajikan
2. Resep Kue Basah | Kue Pukis Pandan Istimewa
Kue pukis pasti sudah banyak yang tahu, kue basah asal gombong ini memang enak dan manis. Teksturnya yang lembut dan empuk disukai anak anak sampai dewasa. Kue pukis istimewa disajikan bersama keluarga, berikut resep kue pukis pandan istimewa.
Bahan Membuat Pukis Pandan Istimewa:
terigu 250 gram (  protein tinggi )
gula pasir 150 gram 
telur 3 butir 
margarin 65 gram ( lelehkan )
emulsifier 1 sdt
Santan Kental Sedang 350 ml
pasta pandan 1/2 sdm
susu kental manis 50 ml 
ragi instant 1 sdt 
vanilla 1/2 sdt 
garam 1/4 sdt
coklat meses untuk taburan
Cara membuat Pukis Istimewa Pandan :
  • Kocok Telur dengan kecepatan tinggi bersama gula pasir, garam dan emulsifier sampai mengembang dan mengental. Tambahkan vanila, kocok sampai rata.
  • Masukkan tepung terigu yang sudah diayak terlebih dahulu secara berselang seling dengan santan sambil dikocok rata.
  • Tambahkan ragi instan aduk dengan sendok kayu. Tambahkan margarin cair sedikit sedikit lalu masukkan susu kental manis. Aduk rata kembali. Diamkan selama 30 menit.
  • OLesi cetakan dengan margarin, Panaskan cetakan pukis dengan api sedang. JIka sudah panas kecilkan api.
  • Tuangkan adonan pukis setinggi 3/4 cetakan. Tutup sebentar, kemudian selagi setengah matang taburkan coklat meses pada permukaan kue pukis. Tutup lagi tunggu sampai kue pukis matang dan kering.
  • Angkat, keluarkan dari cetakan olesi dengan margarin agar pukis tidak mengeras dan kering saat dingin. Sajikan kue pukis untuk keluarga tercinta :)
1. Resep Kue Basah | Resep Kue Putu Ayu
Dari semua resep kue basah diatas, kue putu ayu yang paling aku sukai. Karena rasanya yang enak dengan harum wangi pandannya membuat kue putu ayu begitu khas menggoda selera. Cara membuat putu ayu relatif mudah dan sederhana jadi tak perlu kesulitan untuk mencoba resep putu ayu ini. Berikut resep membuat putu ayu istimewa.
Bahan Membuat Kue Putu Ayu
tepung terigu 125 gr 
gula pasir 75 gr 
pasta pandan 1sdt
telur 2 butir  
garam 1 sdt 
emulifier 1 sdt
santan agak kental 100 ml ( didihkan )
Kelapa parut + garam ( kukus )
Cara Membuat Kue Putu Ayu :
  • Kocok telur dengan gula pasir, garam, serta emulsifier. Kocok hingga adonan mengembang. Setelah itu masukkan tepung terigu yang sudah diayak.
  • Tambahkan santan dan juga pasta pandan, aduk hingga adonan tercampur rata.
  • Siapkan cetakan kue putu ayu, isi dengan kelapa parutan kelapa sambil ditekan agar kelapa benar benar padat. 
  • Selanjutnya tuangkan adonan kue putu ayu sampai 3/4 cetakan.
  • Kukus kue putu ayu selama 15 menit. Angkat, keluarkan dari cetakan dan sajikan.
Demikian resep cara membuat aneka kue basah tradisional indonesia yang bisa anda coba. Untuk aneka kue basah tradisional lainnya bisa anda cari sendiri di sini, Selain kue basah disini juga ada banyak aneka kue kering, kue tart, dan banyak lagi. Selamat mencoba membuat kue basah dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>