DIY Siapkan Rp 12 Milyar Benahi Gedung Perpusda

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Pemda DIY kini telah menyiapkan Rp 12 miliar dari APBD 2014 untuk menyempurnakan gedung perpustakaan daerah yang sampai saat ini belum selesai dibangun.

“Anggaran itu nanti untuk finalisasi interior gedung dan lanskap,” ucap Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY Budi Wibowo dijumpai di sela Rapat Paripurna di DPRD DIY, Jumat (3/1/2014).

Rencananya, proses lelang akan dilaksanakan sekitar bulan April atau Mei 2014, sementara menunggu proses peradilan kasus wan prestasi pembangunan gedung Perpusda yang kini dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Bantul.

“Setelah selesai, Segera kami lihat dulu kekurangannya apa saja dan segera dilelangkan. Yang jelas 50 hari sebelum tutup buku anggaran harus sudah selesai,” tandasnya.

Lantas, selama proses penyempurnaan gedung Perpusda berjalan, BPAD DIY juga merencanakan program digitalisasi naskah-naskah kuno yang ada di Keraton Kasultanan Yogyakarta dan Pura Pakualaman melalui Dana Keistimewaan (DIY).

Pada 2013, digitalisasi sudah mulai digarap, kemudian dilanjutkan kembali pada 2014. Proyeksinya, naskah-naskah kuno yang sudah dialihmediakan itu bisa terintegrasi dengan koleksi buku-buku milik BPAD. Kesemuanya diharapkan sudah bisa diakses oleh warga di gedung Perpusda baru yang mulai operasional pada 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>