Mengobati Radang Tenggorokan

Tanpa tenggorokan yang sehat, komunikasi bisa menjadi sangat tidak lancar dan terganggu. Dua hal yang sering mengganggu tenggorokan adalah radang tenggorokan (faringitis) dan radang kerongkongan (laryngitis). Upaya untuk mencegah hal-hal tersebut adalah sebagai berikut. Bagi para pembicara, dokter, ata disc jockey yang banyak berbicara, berteriak dalam kerjanya, sebaiknya mengatur volume dan frekuensi suara agar laring tidak mudah terinfeksi. Radang tenggorokan disebabkan flu akut. Radang menyerang pangkal tenggorokan. Gejala dimulai dengan batuk-batuk, rasanya nyeri. Karena radang, suara yang semula merdu dan lebut bisa berubah menjadi serak atau parau. Cara mengobati radang tenggorokan adalah dengan jeruk nipis. Jeruk nipis dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Tiga cara penggunaannya adalah sebagai berikut :

  1. Sebutir buah jeruk nipis masak diambil sarinya, tamping digelas. Tambahkan dalam sari jeruk nipis itu satu sendok the madu, satu sendok bubuk pinang sirih atau gambir, dan setengah gelas air putih yang sudah dimasak. Aduk bahan ramuan itu sampai tercampur rata, endapkan satu malam. Saat bangun pagi sebagian ramuan diminum, dan sebagian lagi untuk kumur-kumur.
  2. Sebutir jeruk nipis masak dibelah, diperas sari buahnya. Campur hasil perasan jeruk nipis dengan 3 sendok makan madu. Ramuan diminum 2 kali sehari, masing-masing 2 sendok makan sekali minum.
  3. Sebutir jeruk nipis masak dibelah, lalu diperas sari buahnya. Campur hasil perasan dengan ½ sendok teh garam, tambah air sampai satu gelas. Ramuan diminum untuk mengempeskan tenggorokan bengkak.

Cara mengobati radang tenggorokan juga dapat dilakukan dengan menghindari dan menjauhi penyebabnya:

  1. Mengobati radang tenggorokan dengan menghindari polusi udara dan sembuhkan infeksi atau batuk pilek dengan benar, hal ini bisa menyebabkan laryngitis yang ditandi dengan sakit tenggorokan, ngilum suara serak parau, dan demam.
  2. Hindari merokok, minum alkohol, dan kurangi menghirup udara dingin.
  3. Jangan memaksakan diri menyanyi  dengan nada-nada yang tinggi dan hard rick terus menerus. Istirahatlah jika tenggorokan terasa mulai sakit.
  4. Minum air hangat (seperti the hangat + madu) yang banyak dan boleh juga ditambah dengan permen pelega tenggorokan ketika banyak berbicara.
  5. Kurangi makan makanan pedas. Makan makanan pedas ditangarai juga dapat menimbulkan gangguan tenggorokan.
  6. GUnakan obat kumur mulut/tenggoroa yang aman. Jika tenggorokan terasa mulai serak, perih, meradang, gatal yang kemungkinan dapat berkembang menjadi batuk, flu, pilek,atau ada luka sariawan, gunakanlah obat kumur yang mengandung dequalinium chloride dan thymol, untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kemungkinan terjadinya batuk, flu, pilek, iritasi, atau penyakit-penyakit lain yang bisa terjadi dimulut atau dapat masuk melalui mulur tersebut. Kumurkan 2-3 kali sehari dari rongga mulut sampai tertelan beberapa saat, lalu buang. Dialkukan lebih dati 2-3 kali sehari juga relative masih aman karena bahan ini mempunyai toleransi yang tinggi terhadap kelebihan dosis.

http://radangtenggorokan.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>