Tips Menyiapkan Liburan Sekolah Anak

by ·

Liburan sekolah merupakan saat yang paling didambakan oleh setiap anak. Bagi  setiap anak, masa liburan sekolah selalu identik dengan bersenang-senang dan bebas dari segala kewajiban mengerjakan tugas dan belajar yang dianggap kurang menyenangkan. Liburan sekolah juga merupakan salah satu sarana refreshing atau penyegaran otak agar tidak mudah jenuh dengan berbagai macam aktifitas yang berkaitan dengan pelajaran dan tugas-tugas sekolah. Agar masa liburan sekolah bisa semakin optimal, ada baiknya orang tua mengetahui beberapa kiat dan tips menyiapkan liburan sekolah anak.

Kiat dan tips

Berikut ini beberapa kiat dan tips menyiapkan liburan sekolah anak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Manfaat. Dorong anak untuk mengisi liburan dengan kegiatan yang bermanfaat, misalnya mempererat silaturahmi antar anggota keluarga dengan berkunjung ke rumah saudara atau nenek di kampung, mengisi liburan dengan kursus singkat bermusik, fashion design atau apapun yang bermanfaat untuk mengasah serta mengembangkan kemampuan, bakat dan ketrampilan anak.
  • Pengalaman baru. Liburan sekolah juga dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk menambah atau menimba pengalaman baru yang mungkin belum pernah dilakukan atau dialami anak-anak. Ajak anak mengunjungi tempat rekreasi yang unik dan belum pernah dikunjungi sebelumnya.
  • Menyenangkan. Buatlah atau ciptakan suasana liburan sekolah yang menyenangkan bagi anak sekaligus memberikan manfaat. Jangan sampai anak merasa bahwa masa liburan sekolah yang sedang dijalani justru terasa membosankan atau tidak menyenangkan.
  • Perlengkapan. Siapkan dan penuhi segala macam peralatan ataupun perlengkapan penunjang kegiatan liburan sekolah yang akan dilakukan dengan benar dan teliti agar kegiatan mengisi liburan menjadi menyenangkan.
  • Pengawasan. Walaupun masa liburan sekolah merupakan saat yang bebas bagi anak-anak, namun orangtua hendaknya tidak melupakan pengawasan. Bagaimanapun juga mereka masih memiliki usia belia yang masih sering melakukan kesalahan dan membutuhkan bimbingan dan pendampingan orang yang lebih dewasa.

Demikianlah kiat dan tips menyiapkan liburan sekolah anak yang bisa dijadikan pertimbangan orangtua. Sesekali biarkan anak-anak melakukan apapun selama masa liburan, namun juga harus tetap mendapatkan pengawasan. Selamat berlibur dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>