Liburan Aktif, Yuk!

 

Libur tlah tiba! Libur tlah tiba! Hore! Hore! Hore!!!

 

Libur panjang anak-anak sekolah sudah hampir tiba. Biasanya, ini jadi momen yang pas buat para orang dewasa untuk ikut ambil cuti tahunan dan berlibur bersama anak-anak. Takut liburan bikin naik berat badan? Eits jangan kuatir, kami akan bantu pilihkan liburan yang menyehatkan, bukan cuma membantu menjaga tubuh tetap fit, tapi juga pastinya memberikan pengalaman yang baru dan menyenangkan buat semua anggota keluarga!

 

 

Jalan-Jalan Yuk!

Jalan kaki adalah olahraga yang paling murah, karena tidak membutuhkan peralatan apapun (bahkan pakai sendal jepit pun boleh kok!). Kalau merasa jalan kaki adalah kegiatan yang terlalu ”biasa”, yuk kita kombinasikan jalan kaki dengan berwisata, misalnya ajak keluarga besar untuk melakukan Tea Walk di Gunung Mas, Puncak, Bogor. Dengan tiket yang sangat terjangkau harganya, sekitar Rp. 5000/orang, kita bisa berjalan-jalan menyusuri hamparan hijau perkebunan teh, dengan udara khas Puncak yang sejuk segar dan kaya akan oksigen, pastinya jadi terapi yang cocok buat paru-paru yang terbiasa menghirup asap knalpot kota besar. Kita juga bisa berkuda, bersantai di kedai teh di Tea Corner, mengunjungi istana lebah, bahkan menginap di penginapan yang disediakan dengan harga relatif terjangkau, atau camping di alam terbuka!

Tidak berminat ke luar kota? Anda bisa berwisata di Kota Tua di bilangan Jakarta Utara. Menyusuri gedung-gedung tua, dari mulai stasiun Beos, mengunjungi museum Bank Mandiri dan museum Bank Indonesia, bermain di taman Fatahillah, atau menyewa sepeda onthel dan mengayuh bersama menuju Jembatan Kota Intan dan Toko Merah. Sebagai panduan, Anda bisa membeli buku Panduan Sang Petualang : Wisata Kota Tua Jakarta karangan Edi Dimyati sebagai pegangan sebelum menjelajahi Kota Tua yang indah.

Pastinya jangan lupa untuk berfoto-foto sebagai kenang-kenangan yaa!

 

 

Naik, Naik, ke Puncak Gunung

Kalau jalan-jalan terasa terlalu enteng buat Anda, kenapa ngga mencoba naik gunung, supaya petualangannya lebih terasa menegangkan. Untuk yang pemula, Anda bisa mengajak keluarga untuk hiking di Wana Wisata Jayagiri, Lembang, Jawa Barat. Kondisi pendakian tidak terlalu menanjak, cocok untuk mengajak anak-anak mendaki bersama. Di sepanjang perjalanan, Anda bisa mengajak anak-anak belajar tentang tanaman-tanaman obat karena banyak pohon-pohonan yang sudah diberi label/tanda dari mulai nama umum, nama latin, dan kegunaannya. Sepanjang perjalanan juga ada lahan terbuka untuk Anda beristirahat dan membuka bekal makanan.

Yang menarik adalah ujung dari pendakian Anda akan berada di lahan parkir untuk menuju ke gunung Tangkuban Perahu. Jadi, dari lahan parkir tersebut Anda bisa menyewa colt menuju ke puncak Tangkuban Perahu, dan menikmati wisata kawah Tangkuban Perahu. Tips mendaki gunung adalah : pastikan Anda dan keluarga memakai sepatu kets dengan sol karet yang bagus (tidak licin), jangan membawa perbekalan terlalu banyak, kuatir si kecil kelelahan dan harus digendong, bekali anak-anak dengan jaket yang cukup tebal, celana panjang atau legging tebal dan kaus kaki.

Untuk mencapai ke pintu masuk Wana Wisata Jayagiri, Anda bisa naik sado/delman dari pasar Lembang. Di dekat pintu masuk pun ada fasilitas parkir mobil, tapi biasanya lebih asyik kalau perjalanan pulang tidak kembali menyusuri jalan yang sama melainkan keluar melalui jalan masuk wisata Tangkuban Perahu (Jalan Raya Subang).

Row, Row, Row, Your Boat

Lebih suka kegiatan air? Bisa mencoba rafting atau arung jeram lho! Saat ini sudah banyak provider rafting yang membuka paketnya untuk anak-anak (dibarengi dengan orang dewasa), artinya bisa disesuaikan grade/tingkat kesulitannya apabila Anda mengajak anak-anak untuk ikut rafting. Jangan lupa sebelum melakukan pemesanan tempat, tanyakan sedetil-detilnya tentang : minimum usia atau tinggi badan anak yang diperbolehkan, kondisi medan rafting seperti berapa banyak jeram, berapa tinggi debit air, kondisi cuaca, dan lain-lain. Dan yang tidak kalah penting, pastikan anak-anak juga sudah siap untuk ikut bermain arung jeram ini, jangan sampai ketika di lokasi ternyata mereka ketakutan atau malah trauma. Persiapkan fisik dan mental anak sebelum memutuskan untuk memesan tempat.

Tempat rafting yang terkenal saat ini adalah Citarik (daerah Sukabumi, Jawa Barat) dan Tanjung Benoa, Bali.

Tidak suka rafting karena takut bikin copot jantung? Boleh pilih ber-kayak dengan perahu kano. Umumnya perahu ini maksimal menampung dua orang. Berkayak dilakukan di perairan yang tenang, contohnya yang terkenal adalah di Wisata Alam Pananjung, Pangandaran, di mana kita bisa berkayak menyusuri sungai dan cagar alam. Selain Pangandaran, Lombok juga bisa jadi salahsatu pilihan untuk lokasi berkayak. Ada wisata Gili Nanggu dan teluk Sekotong di mana kita juga bisa melakukan wisata air lainnya seperti snorkeling. Jangan takut karena di tempat-tempat wisata ini umumnya sudah disertai dengan pemandu yang berpengalaman.

 

 

Kring-Kring Goes-Goes

Menggowes sepeda sambil menikmati udara yang bersih rasanya sudah jadi barang langka di kota besar. Apalagi anak-anak mungkin juga gemas, dibekali sepeda tapi tidak boleh bermain sepeda di luar kompleks karena faktor keamanan. Kenapa tidak liburan kali ini memilih untuk bersepeda santai, sambil olahraga, tetap seru bermain sepeda, dan pastinya anak-anak dijamin suka!

Banyak sekali tempat rekreasi yang menyediakan wisata sepeda, seperti wisata sepeda onthel di Jogjakarta, pusatnya di Jl. Sosrowijayan, daerah khusus turis bule di Jogja. Di Jawa Barat, ada objek wisata Selabintana yang nyaman dan asri dengan hamparan kebun teh, lokasinya di kaki gunung Gede, yang bisa dikelilingi dengan bersepeda. Lombok juga menyediakan wisata sepeda di daerah Gunung Pengsong. Kalau Anda dan keluarga berminat menyewa salahsatu rumah villa di Kota Bunga Cipanas, jalan di kompleks juga cukup luas untuk tempat anak-anak bersepeda bersama orangtua, hanya saja perhatikan jalanan apabila termasuk daerah boulevard (jalan utama), takutnya ada mobil atau bis yang melintas di jalan tersebut, dan jangan lupa bekali anak-anak dengan helm dan pelindung lutut untuk mencegah luka parah apabila terjatuh dari sepeda.

 

Nah, inilah empat ide liburan sehat yang juga menyenangkan yang bisa dimanfaatkan oleh Anda dan keluarga. Semoga bisa menambah pengalaman dan sensasi liburan yang berbeda, terutama untuk anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>