Tips Menghadapi Anak Pemilih Makanan

 

Semakin bertambahnya usia, anak-anak sudah bisa memilih makanan yang ingin dimakanya. Tapi bagaimana jadinya jika anak Anda terlalu pemilih makanan yang ingin dimakan? Marah dan kesal saja terhadap anak tidak akan menyelesaikan masalah. Mengomeli anak setiap jam makan hanya akan membuat anak frustasi. Anda bisa mencoba beberapa trik dari Kepala Ahli Diet Rumah Sakit Breach Permen, Mumbai, Dr Eileen Candai,  di bawah ini untuk menghadapi “si Picky Eater” ini.

1. Temukan makanan yang disukai semua anggota keluarga. Makan bersama-sama dengan keluarga akan membuat anak berpikir bahwa makanan tersebut memang enak untuk dimakan. Untuk permulaan, Anda bisa menawarkan dia seporsi kecil makanan tersebut. Jika si kecil menyukainya, Anda bisa tambahkan porsinya.

2. Berikan porsi makanan yang kecil tapi sering. Kebanyakan orang tua memberikan porsi yang besar untuk si kecil. Padahal tidak semua anak bisa makan dengan jumlah porsi yang besar. Berikan porsi yang kecil namun sering. Bila perlu gantilah menu makanan setiap hari untuk menghindari kebosanan si kecil.

3. Ajak teman sebayanya untuk makan bersama. Anda bisa menyuapi si kecil saat teman-temannya juga sedang disuapi Ibunya.

4. Undang saudara atau teman Anda yang menjadi favorit si kecil untuk makan malam bersama. Misalnya, Om atau Tante yang menjadi favorit anak. Biasanya jika sedang ada tamu, anak-anak akan makan dengan tenang tanpa perlu bertengkar dulu dengan Anda.

5. Jangan paksa anak untuk makan. Layaknya orang dewasa, anak-anak pun kadang mengalami masa tidak ingin makan atau ingin makan jenis makanan tertentu. Jika memang dia tidak ingin makan apapun, biarkan saja karena pada saatnya nanti si kecil akan meminta makan jika dia lapar. Jika dia ingin makan makanan tertentu, berikan.

6. Buat suasana yang menyenangkan saat makan. Tidak ada lagi omelan atau bentakan saat jam makan tiba. Anda bisa bertanya apa yang si kecil suka atau bertanya apa makanan favoritnya saat sedang makan.

7. Berikan camilan. Banyak makanan utama yang bisa Anda kreasikan menjadi camilan yang menarik untuk si kecil. Camilan kini banyak lho yang mengandung gizi yang cukup untuk si kecil.

8. Jangan tawarkan minuman saat si kecil sedang makan karena ini akan membuat anak cepat kenyang. Berikan minumann saat si kecil sudah menghabiskan makanannya.

9. Berkreasilah dengan makanan. Anda bisa mencoba menu baru, cara penyajian yang baru dan disukai anak-anak. Misalnya dengan membuat bento untuk bekal makan siangnya. Ini akan membuat anak-anak menyukai makanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>